Sabtu, 06 Oktober 2012

YOUTUBE


Bagi pengguna internet, situs sharing video youtube pasti sudah tidak asing lagi. Situs yang saat ini sedang booming menyimpan sejarah panjang sampai bisa menjadi sebesar ini.
Youtube adalah situs sharing video yang pada awalnya diciptakan pada tahun 2005 sebagai wadah bagi pengguna untuk meng upload dan membagikan video, didirikan pada bulan februari 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Nama domain Youtube sendiri pertama kali diaktifkan bertepatan pada hari valentine tahun 2005 yang baru dapat dirampungkan dalam beberapa bulan berikutnya. Situs Youtube pertama kali mulai dipromosikan kepada publik pada bulan Mei 2005 atau tepatnya 6 bulan sebelum youtube memulai debut pertama mereka secara resmi.   
Sumber ini masih simpang siur pada awal berdiri, tempat beroperasi atau kantor pertama Youtube “hanyalah” didalam sebuah garasi tetapi ada sumber lain yang mengatakan bahwa kantor pusat Youtube terletak di lantai atas sebuah restoran Pizza dan Restoran jepang di San Mateo, California. Dalam rentang waktu kurang dari satu tahun, beberapa perusahaan seperti Sequiola Capital dan Artis Capital Management bergabung dengan youtube serta mengalokasikan dana  sekitar 11.5 juta USD yang merupakan gabungan dari keduanya. Secara bersamaan kemudian, Roelof Botha sahabat dari ketiga pendiri sekaligus pemilik dari PayPal ikut bergabung kedalam proyek youtube tersebut.
Video awal yang pertama kali di Upload di Youtube berjudul "Me at The Zoo", menampilkan Jawed Karim di kebun binatang San Diego. Hingga saat ini video tersebut masih dapat disaksikan di youtube.  Pada bulan juli 2006 atau 8 bulan setelah diresmikan, tercatat 65.000 video baru di upload ke situs Youtube setiap harinya, dengan 100 juta views per hari. . Pada bulan juli 2006 atau 8 bulan setelah diresmikan, tercatat 65.000 video baru di upload ke situs Youtube setiap harinya, dengan 100 juta views per hari.
Kesuksesan yang luar biasa tersebut rupanya menggoda perusahaan raksasa internet Google untuk membeli Youtube. Pada tanggal 9 Oktober 2006, secara resmi Google mengambil alih (membeli) situs youtube tersebut dengan harga sebesar 1.65 miliar USD! Pembelian tersebut harus melewati perjanjian antara Google dengan youtube dimana youtube menawarkan beberapa persetujuan / persyaratan agar terbebas dari segala tuntutan hukum yang berkaitan dengan pelanggaran hak cipta, penggandaan dsb. Hal tersebut diajukan mengingat youtube adalah situs video sharing yang semuanya berasal dari pengguna.
Pada akhirnya perusahaan youtube dibawah ketiga pendiri mereka yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim berikut ke-67 karyawan mereka resmi ditutup pada 13 November 2006 yang kemudian diakuisisi secara penuh oleh Google. Ketiganya juga mendapatkan keuntungan dari kedua perusahaan yang menjadi investor mereka sebelumnya, yaitu Sequiola dan Artis Capital Management.
Menurut sumber yang ditulis oleh Wikipedia, Chad Hurley mendapatkan bagiannya sebesar 395 juta USD, Steve Chen mendapat 326 juta USD dan Jawed Karim sekitar 64 juta USD.
Pada bulan juni 2008 majalah Forbes memberitakan bahwa pendapatan Youtube selama tahun 2008 diperkirakan mencapai 200 juta US $ . Pada tahun 2008 Youtube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody Award dan karena telah menjadi "Speakers Corners" dan ikut berjasa dalam pengembangan demokrasi dan kebebasan berpendapat.
Youtube tidak hanya memberikan keuntungan pada para pendiri dan stafnya saja. Banyak orang yang sebelumnya bukan siapa-siapa tetapi tiba-tiba menjadi terkenal lewat Youtube. Di Indonesia ada beberapa orang yang mendapat popularitas di tengah masyarakat indonesia setelah mengupload video mereka di Youtube. Berikut ini artis Indonesia yang menjadi terkenal lewat youtube :
1.      Shinta dan Jojo

Sinta dan jojo memulai popularitas nya melalui media youtube pada akhir bulan juli tahun 2010 yang lalu berkat aksi nya yang menggemaskan dengan lipsing lagu disko dangdut 'keong racun' .
2.      Gamaliel dan Audrey

Kakak beradik ini memperoleh popularitas di bulan agustus 2010 setelah sinta dan jojo. tidak sepertI sinta dan jojo yang mengandalkan lagu yang unik dan aksi yang menggemaskan, video bocah bocah ini berisi nyanyian dan diiringi musik gitar yang keren. 
3.      Sualuddin (Udin sedunia)

Pria asal lombok tengah NTB ini dengan gaya nya yang lebai dan lucu mampu meraih popularitas dengan lagu nya yang berjudul "udin sedunia" di awal maret 2011. lagu itu bercerita mengenai sebuah nama "udin" yang diplesetkan menjadi bermacam macam udin menurut kesukaan nya.
4 . Bona Paputungan

Pria dari gorontalo ini adalah mantan napi, dia menciptakan lagu untuk menyindir para penegak hukum di indonesia yang dengan mudah nya dapat dibeli dengan uang. dengan judul lagu "andai ku gayus tambunan"
5. Briptu Norman Kamaru
           
seorang polisi gorontalo yang dalam video youtube diberi judul "polisi gorontalo menggila"  saat ini menjadi perbincangan di banyak media massa berkat aksi lipsing nya dengan lagu india lawas yang berjudul "Chaiyya chaiyya".
            Saat ini Youtube menjadi situs online Video provider paling dominan di Amerika serikat, bahkan mungkin dunia, dengan menguasai 43 persen pasar. Diperkirakan 20 Jam durasi video di upload ke Youtube setiap menitnya dengan 6 miliar views per hari. #bridgingcourse05
Source : 
http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment