Sabtu, 08 September 2012

KARANG TARUNA JAYA KUSUMA

KARANG TARUNA JAYA KUSUMA

            Karang Taruna adalah organisasi kepemudaan di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial.
Sebagai organisasi sosial kepemudaan Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang telah ada. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga dimana telah pula diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Desa / Kelurahan sampai pada tingkat Nasional. Semua ini wujud dari pada regenerasi organisasi demi kelanjutan organisasi serta pembinaan anggota Karang Taruna baik dimasa sekarang maupun masa yang akan datang.
Karang Taruna beranggotakan pemuda dan pemudi (dalam AD/ART nya diatur keanggotaannya mulai dari pemuda/i berusia mulai dari 11 - 45 tahun) dan batasan sebagai Pengurus adalah berusia mulai 17 - 35 tahun.
Karang Taruna didirikan dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, misalnya dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, ketrampilan, advokasi, keagamaan dan kesenian.
Di kabupaten Bantul tepatnya di desa Singosaren terdapat sebuah Karang Taruna yang sudah berdiri sejak tahun 1984 namun baru mulai aktif pada tahun 2009 bernama Karang Taruna Jaya Kusuma. Nama Jaya Kusuma diambil dari nama salah satu kerabat dari Panembahan Senopati, Raja Kerajaan Mataram. Pangeran Jaya Kusuma merupakan salah satu tokoh yang mempunyai karakter pejuang dan dinamis, sesuai dengan karakter seorang pemuda. Inilah yang menjadikan Jaya Kusuma diabadikan sebagai nama dari organisasi Karang Taruna Desa Singosaren.
Struktur organisasinya sama seperti karang taruna pada umumnya. Ada Ketua, Bendahara , Sekertaris dan 7 seksi dan coordinator seksi. 7 seksi tersebut adalah seksi Humas dan Kemitraan ; Kerohanian dan Bina Mental ; UKS PM ; Usaha Ekonomi Produktif ; Pendidikan dan Pelatihan ; Olahraga dan Seni Budaya ; Lingkungan Hidup dan Kesehatan. Dalam struktur organisasinya di tahun 2012 ini Karang Taruna Jaya Kusuma memilih  tidak memiliki  Wakil Ketua karena nanti akan dianggap kurang efektif. Tugas Wakil ketua digantikan oleh coordinator seksi.
Anggota dari Karang Taruna Jaya Kusuma merupakan pemuda pemudi desa Singosaren sendiri. Alas an mereka ikut kegiatan Karang Taruna adalah karena rata-rata dari mereka merasa mempunyai tanggung jawab kepada masyarakat desanya sendiri.
Karang Taruna itu sendiri berada dibawah naungan Kementrian Sosial di tingkat Nasional dan naungan Departemen Sosial di tingkat Kabupaten. Karang Taruna bersifat independen dan otonom jadi Pemerintah tidak bisa ikut campurtangan dalam masalah Karang Taruna melainkan pemerintah hanya menyokong dan mendorong Karang Taruna saja.
Kendala yang pernah dialami oleh Karang taruna Jaya Kusuma adalah tentang menyatukan 8 dusun yang terdapat di desa Singosaren itu karena pada kenyataannya setiap dusun mempunyai organisasinya masing-masing sehingga sering terjadi gesekan atau pertikaian di dalamnya. Masalah ini timbul karena ada penyebabnya, dan penyebabnya adalah masalah bola dan wanita. Ini masalah sepele sekali.
Seperti organisasi pada umumnya Karang Taruna Jaya Kusuma mempunyai visi dan misi. Visi Misinya sebagai berikut:
Visi
Mencerdaskan kehidupan pemuda Singosaren pada khususnya dan masyarakat Singosaren pada umumnya
Misi
  1. Memberikan akses informasi yang seluas-luasnya sebagai bekal untuk memperbaiki kualitas kehidupan
  2. Memberikan peluang-peluang pendidikan, baik formal, informal, maupun nonformal  yang setinggi-tingginya
  3. Memberikan peluang-peluang ekonomi yang selebar-lebarnya
  4. Membangun karakter pemuda Singosaren yang berjiwa Pancasila
Desa Singosaren merupakan desa Suburban desa yang tidak terlalu ndeso dan ngota. Karena letak desanya ada di pinggiran kota. Karang Taruna di desa Singosaren ini tergolong maju karena mudahnya akses informasi yang di dapat.
Anggaran untuk menjalankan organisasi Karang Taruna Jaya Kusuma ini didapat dari Anggaran daerah, swadaya ( sedikit) , donasi masyarkat sekitar seperti dari para investor yang membangun pabrik di desa Singosaren tersebut dan hasil ekonomi produktif dari pertanian perkebunan dan lain-lain.
Semua organisasi pasti mempunyai program kerja, sama seperti Karang Taruna Jaya Kusuma. Sejak akhir 2011 lalu, Karang Taruna Jaya Kusuma menginisiasi “Sanggar Sinau Bareng” yang merupakan ruang bagi masyarakat untuk belajar segala hal. Pembukaan Sanggar ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Dengan mendapat berbagai informasi dan pengetahuan baru, masyarakat dapat mengaktualisasikan dirinya dengan lebih baik. Alhasil, secara sosial maupun ekonomi, kualitas hidup mereka menjadi lebih baik.
Untuk menjaga keberlangsungan “Sanggar Sinau Bareng”, pada April 2012 ini, Karang Taruna Jaya Kusuma mempunyai kesepakatan dengan segenap pengusaha yang ada di wilayah Desa Singosaren untuk menjadi donatur tetap. Kesepakatan tersebut dibuktikan dengan MoU (Surat Kesepahaman). Dengan adanya kerjasama dengan para pengusaha tersebut, operasionalisasi sanggar dapat dipotimalkan, dan masyarakat dapat secara optimal memanfaatkannya. Karang Taruna Jaya Kusuma juga membuka ruang bagi para pihak yang tertarik untuk menjadi donatur tetap di “Sanggar Sinau Bareng”. Setiap Karang Taruna pasti mempunyai sosok dibaliknya sama seperti Karang Taruna Jaya Kusuma. Karang Taruna Jaya Kusuma mempunyai mba Lisa Lindawati dibaliknya. Mba Lisa Lindawati lahir di Bantul  7 juli 1987. Sekarang ini mba Lisa menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Jaya Kusuma.
Kegiatan seperti Karang Taruna itu sangat penting bagi kita selain menambah pengalaman kita bisa menjadi berguna bagi orang lain. Hal yang harus dilakukan sebelum menjadi anggota Karang Taruna di desa masing-masing adalah kenalilah masyaraktmu sendiri. #bridgingcourse03    

                                                                                          TIARA FIRDA SANI                                                                      
Karang Taruna Jaya Kusuma. Januari 2012. Karang Taruna Jaya Kusuma. Yogyakarta.
Diakses pada 07 September 2012 melalui http://kt-jayakusuma.org
Karang Taruna . Juli 2012. Wikipedia. Indonesia. Diakses pada 07 September 2012 melalui
            http://id.wikipedia.org/wiki/Karang_Taruna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment