Kamis, 06 September 2012

PELAJARAN HIDUP DARI SEBUAH IKLAN SUSU FORMULA

PELAJARAN HIDUP DARI SEBUAH IKLAN SUSU FORMULA


            Iklan atau dalam bahasa Indonesia disebut pariwara adalah promosi barang dan jasa yang bisa muncul dalam berbagai media masa seperti media elektronik dan media cetak untuk ditawarkan kepada masyarakat. Promosi barang itu seperti makanan, pakaian, handphone dan lain lain. Sedangkan promosi jasa itu seperti tukang taxi, penjahit baju dan lain-lain.  Iklan ini bertujuan untuk menarik minat para penonton agar barang dan jasa yang diiklankan dapat digunakan atau dimiliki oleh masyarakat. Iklan yang berhasil merupakan iklan yang barang atau jasanya banyak digunakan atau dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.
            Kali ini iklan yang menjadi topic adalah iklan yang berda pada media elektronik lebih tepatnya media elektronik televise. Iklan Nutrilon Royal merupakan iklan susu formula untuk balita yang agak sering muncul dahulu. Iklan Nutrilon Royal  ini tidak hanya mengiklankan sebuah produk susu formula untuk balita saja melainkan tentang pelajaran hidup juga. Tidak hanya sebuah pelajaran bagi sang balita saja namun bagi kita semua. Saat pertama kali muncul iklan ini seperti pembuka cakrawala kehidupan, diawali dengan laut biru yang indah dan danau yang bersih. Keluguan anak-anak (bintang iklan) itu menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton yang rata-rata bukan anak balita atau para konsumen. Konsep yang diambil oleh iklan Nutrilon Royal sangat out of the box yaitu lain daripada yang lain. Kronologi atau alur iklan terkonsep dengan baik tidak berantakan dan rapi. Durasi atau waktu iklan yang lama menandakan bahwa iklan ini ber-budget besar karena rata-rata mencapai 1 menit. Kalau rata-rata iklan susu konvensional berisi anak kecil yang bahagia, ceria dan sehat tetapi dalam iklan Nutrilon Royal ini tidak hanya anak-anak terlihat bahagia, ceria dan sehat saja tetapi mereka memiliki harapan atau cita-cita yang besar.
            Iklan Nutrilon Royal ini menarik karena rata-rata iklan pada susu formula lainnya selalu menyertakan kandungan gizi yang ada tetapi susu Nutrilon Royal ini tidak menyertakan kandungan gizi yang ada. Iklannya tidak menjabarkan satu-satu tentang alasan kenapa para ibu yang ada di rumah harus memilih susu formula Nutrilon Royal. Alasannya diucapkan secara tersirat dalam setiap adegan dan puisi yang dibacakan dalam iklan Nutrilon Royal tersebut.  Iklan Nutrilon Royal ini menarik karena bukan berisi tentang ajakan yang sering digunakan pada iklan iklan yang sering dijumpai pada umumnya, namun sebuah impian kedepannya tentang kebebasan dan sebuah cita-cita.
Ada dua edisi iklan susu Nutrilon Royal ini yaitu versi “Life Starts Here” dan versi “Life is an Adventure” kedua iklan tersebut memiliki versi puisi masing-masing di dalamnya. Edisi yang pertama “Life Starts Here” Lets call on the interested . The wide eyed . The hopeful. The princesses . And the princes . Their believer. Lets some.. on the generals The queens, The kings, and The knights start ride adventures trail Lets call on The ledgers . The lovers . The big ones .The small ones the boundaries . The attendance Discoverers . The conductor . The scientist . The CEO’s lets call on the Sky walkers The movers . The shakers . Lets call on the curious. And bring on the hope .LIFE STARTS HERE’. Sedangkan edisi yang kedua yang “Life is an Adventure” I want to live my life to the absolute fullest. To open my eyes to be all I can be. To travel roads not taken, to meet faces unknown. To feel the wind, to touch the stars. I promise to discover myself. To stand tall with greatness. To chase down and catch every dream. LIFE IS AN ADVENTURE’. Kedua duanya sangat menarik ada makna dibalik puisi tersebut yang berisi tentang harapan dan cita – cita.
Iklan Nutrilon Royal ini menarik dan sangat berbeda di antara kumpulan – kumpulan berbagai iklan yang sedang merajalela di Indonesia. Tak perlu mengandalkan iklan ini sudah cukup dari lebih untyk menarik minat para customer agar membeli dan memiliki susu formula tersebut. Iklan Nutrilon Royal ini adalah untuk balita tapi dengan sasaran iklan oleh ibu-ibu dari sang bayi. Walaupun maknanya tersirat banyak sekali customer atau penonton yang tertarik pada iklan ini.
            Sebuah iklan itu seharusnya mengerti tentang konsep dasar dan sasarannya. Apa konsep yang baik dalam iklan ini agar produk ini bisa terjual dengan baik? Dan siapa targetnya yang akan memakai barang ini?. Sebuah iklan juga harus masuk akal dan tidak bertele-tele. Sebuah iklan yang baik bisa menyampaikan informasinya dengan baik pula. #bridgingcourse02
                                                                                                            TIARA FIRDA SANI

sources: youtube
                                                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment