PELAJARAN
HIDUP DARI SEBUAH IKLAN SUSU FORMULA
Iklan
atau dalam bahasa Indonesia disebut pariwara adalah promosi barang dan jasa
yang bisa muncul dalam berbagai media masa seperti media elektronik dan media
cetak untuk ditawarkan kepada masyarakat. Promosi barang itu seperti makanan,
pakaian, handphone dan lain lain. Sedangkan promosi jasa itu seperti tukang
taxi, penjahit baju dan lain-lain. Iklan
ini bertujuan untuk menarik minat para penonton agar barang dan jasa yang
diiklankan dapat digunakan atau dimiliki oleh masyarakat. Iklan yang berhasil
merupakan iklan yang barang atau jasanya banyak digunakan atau dimiliki oleh
masyarakat itu sendiri.
Kali ini iklan yang menjadi topic
adalah iklan yang berda pada media elektronik lebih tepatnya media elektronik televise.
Iklan Nutrilon Royal merupakan iklan susu formula untuk balita yang agak sering
muncul dahulu. Iklan Nutrilon Royal ini
tidak hanya mengiklankan sebuah produk susu formula untuk balita saja melainkan
tentang pelajaran hidup juga. Tidak hanya sebuah pelajaran bagi sang balita
saja namun bagi kita semua. Saat pertama kali muncul iklan ini seperti pembuka
cakrawala kehidupan, diawali dengan laut biru yang indah dan danau yang bersih.
Keluguan anak-anak (bintang iklan) itu menjadi daya tarik tersendiri bagi
penonton yang rata-rata bukan anak balita atau para konsumen. Konsep yang
diambil oleh iklan Nutrilon Royal sangat out of the box yaitu lain daripada
yang lain. Kronologi atau alur iklan terkonsep dengan baik tidak berantakan dan
rapi. Durasi atau waktu iklan yang lama menandakan bahwa iklan ini ber-budget
besar karena rata-rata mencapai 1 menit. Kalau rata-rata iklan susu
konvensional berisi anak kecil yang bahagia, ceria dan sehat tetapi dalam iklan
Nutrilon Royal ini tidak hanya anak-anak terlihat bahagia, ceria dan sehat saja
tetapi mereka memiliki harapan atau cita-cita yang besar.
Iklan Nutrilon Royal ini menarik
karena rata-rata iklan pada susu formula lainnya selalu menyertakan kandungan
gizi yang ada tetapi susu Nutrilon Royal ini tidak menyertakan kandungan gizi
yang ada. Iklannya tidak menjabarkan satu-satu tentang alasan kenapa para ibu
yang ada di rumah harus memilih susu formula Nutrilon Royal. Alasannya
diucapkan secara tersirat dalam setiap adegan dan puisi yang dibacakan dalam
iklan Nutrilon Royal tersebut. Iklan Nutrilon
Royal ini menarik karena bukan berisi tentang ajakan yang sering digunakan pada
iklan iklan yang sering dijumpai pada umumnya, namun sebuah impian kedepannya
tentang kebebasan dan sebuah cita-cita.
Ada dua edisi iklan susu Nutrilon Royal ini yaitu versi
“Life Starts Here” dan versi “Life is an Adventure” kedua iklan tersebut
memiliki versi puisi masing-masing di dalamnya. Edisi yang pertama “Life Starts
Here” ‘Lets call on the interested . The
wide eyed . The hopeful. The princesses . And the princes .
Their believer. Lets some.. on the generals The queens, The
kings, and The knights start ride adventures trail Lets call
on The ledgers . The lovers . The big ones .The small ones
the boundaries . The attendance Discoverers . The conductor . The
scientist . The CEO’s lets call on the Sky walkers The movers . The
shakers . Lets call on the curious. And bring on the hope .LIFE
STARTS HERE’. Sedangkan edisi yang kedua yang “Life is an
Adventure” ‘I want to
live my life to the absolute fullest. To open my eyes to be all I can be. To
travel roads not taken, to meet faces unknown. To feel the wind, to touch the
stars. I promise to discover myself. To stand tall with greatness. To chase
down and catch every dream. LIFE IS AN ADVENTURE’. Kedua duanya sangat menarik ada makna dibalik puisi tersebut
yang berisi tentang harapan dan cita – cita.
Iklan
Nutrilon Royal ini menarik dan sangat berbeda di antara kumpulan – kumpulan
berbagai iklan yang sedang merajalela di Indonesia. Tak perlu mengandalkan
iklan ini sudah cukup dari lebih untyk menarik minat para customer agar membeli
dan memiliki susu formula tersebut. Iklan Nutrilon Royal ini adalah untuk
balita tapi dengan sasaran iklan oleh ibu-ibu dari sang bayi. Walaupun maknanya
tersirat banyak sekali customer atau penonton yang tertarik pada iklan ini.
Sebuah iklan itu seharusnya mengerti
tentang konsep dasar dan sasarannya. Apa konsep yang baik dalam iklan ini agar
produk ini bisa terjual dengan baik? Dan siapa targetnya yang akan memakai barang
ini?. Sebuah iklan juga harus masuk akal dan tidak bertele-tele. Sebuah iklan
yang baik bisa menyampaikan informasinya dengan baik pula. #bridgingcourse02
TIARA
FIRDA SANI
sources: youtube
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Comment